Artikel

Pelatihan Menulis Dongeng

Purwokerto, 15 Juni 2024 – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto menyelenggarakan pelatihan menulis dongeng yang berlangsung di Aula PCNU Banyumas. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber ahli di bidang pendidikan dan penulisan dongeng, yaitu Ibu Endah Kusumaningrum, M.Pd dari Universitas Islam Negeri (UIN) Purwokerto dan Muhamad Iqbal, M.Pd dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hikmah 2 Brebes.

Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan yang tertarik untuk mengembangkan keterampilan menulis dongeng sebagai sarana pendidikan dan hiburan. Ibu Endah Kusumaningrum membawakan materi mengenai teknik dasar penulisan dongeng, yang meliputi struktur cerita, pengembangan karakter, dan penciptaan alur yang menarik bagi anak-anak.

Sementara itu, Muhamad Iqbal memberikan wawasan tentang pentingnya dongeng dalam perkembangan moral dan intelektual anak-anak. Ia juga berbagi tips praktis tentang bagaimana membuat dongeng yang tidak hanya menghibur tetapi juga mendidik. Dalam sesi tersebut, Muhamad Iqbal juga menjelaskan tentang proses publikasi karyanya di penerbit.

Ia membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk menerbitkan buku dongeng, mulai dari penulisan naskah, pengajuan ke penerbit, hingga tahap penyuntingan dan pencetakan. Pengalamannya dalam bekerja sama dengan penerbit memberikan gambaran nyata bagi para peserta tentang industri penerbitan buku anak-anak.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis para peserta, serta mempersiapkan mereka untuk menciptakan dongeng-dongeng berkualitas yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di madrasah dan sekolah dasar.

Penyelenggaraan kegiatan ini juga menjadi bagian dari kerjasama sekaligus implementasi Tri dharma Prodi PGMI STAI Al Hikmah 2 Brebes dan Prodi PGMI UNU Purwokerto.

Pelatihan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab interaktif, di mana para peserta berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan narasumber mengenai tantangan dan peluang dalam menulis dongeng. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi peserta untuk terus berkarya dan menginspirasi generasi muda melalui cerita-cerita yang mendidik dan menghibur.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
https://empregar.iem.madeira.gov.pt/situs-toto/
gangster4d
istana slot
https://rtp-istanagacor.netlify.app/
istana slot
istanaslot
istana slot
https://buletin303.com/
https://angkatoto.club/
https://134.209.107.98:777/
https://188.166.233.138/
https://188.166.245.28:777/
istanaslot
istanaslot
http://repository.ihdn.ac.id/slot-toto/
https://gangster4d.online/
https://slot-toto.netlify.app/
https://heylink.me/ISTANASLOT.COM/
istana slot
https://istana-gacor.com/
https://geocities.ws/istanaslot/
https://istanaslot.netlify.app/